Manfaat Giberelin Dalam Pertumbuhan Tanaman Kecuali

By | October 2, 2021

Manfaat Giberelin Dalam Pertumbuhan Tanaman Kecuali. Berikut beberapa fungsi dan cara kerja hormon giberelin pada tumbuhan sebagai berikut : Hormon giberelin terletak pada beberapa unsur tanaman seperti biji, hormon giberelin yang ditemukan pada biji dapat membuat pertumbuhan biji meningkat dan menjadi lebih cepat.

perhatikan gambar penampang melintang batang tanaman
perhatikan gambar penampang melintang batang tanaman from brainly.co.id

Pemberian giberelin memacu aktivitas metabolisme tanaman, sehingga kegiatan pembelahan dan pembesaran Apabila dalam tumbuhan tidak terdapat hormon giberelin ini maka tumbuhan akan mengalami perlambatan fungsi. Buah durian merupakan buah musiman yang dapat dijumpai pada musim tertentu.

Disamping Itu Juga Hormon Giberelin Memiliki Fungsi Pada Tumbuhan Yang Akan Membantu Proses Pembentukan Sempurna Pada Tumbuhan.

4,4%, 8,9%, dan 6,7% pada konsentrasi giberelin 0, 100, 200, dan 300 ppm. Giberelin pada tumbuhan dapat ditemukan dalam dua fase utama yaitu giberelin aktif (ga bioaktif) dan giberelin nonaktif. Oleh karena itu, pada suatu percobaan dilakukan penyemprotan hormon giberelin pada tanaman durian.

Berikut Adalah Penjelasannya Mengenai Fungsi Hormon Giberelin :

Bila kita ingin membungakan suatu tanaman, lalu kita memberikan hormon bunga dengan dosis tertentu, walaupun konsentrasi hormon giberelin sudah mencukupi tapi karena kandungan hormon endogen dari tanaman didominasi oleh hormon vetetatif yaitu hormon auksin dan sitokinin, maka konsentrasi hormon bunga tersebut akan menjadi lemah dan tidak. Merangsang pertumbuhan daun dan batang tanaman; Berikut beberapa fungsi dan cara kerja hormon giberelin pada tumbuhan sebagai berikut :

3) Hormon Tumbuhan Antara Lain:

Apabila dalam tumbuhan tidak terdapat hormon giberelin ini maka tumbuhan akan mengalami perlambatan fungsi. Kekurangan dari penggunaan giberelin ini dapat menyebabkan pembungaan dan pematangan buah tergganggu, buah berukuran kecil, mengakibatkan kerdil pada tanaman, pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi terhambat. Beragam hormon mulai dari fungsi hormon auksin, fungsi hormon giberelin, fungsi hormon etilen, hormon kalin, fungsi hormon sitokinin, fungsi hormon asam abisat serta fungsi asam traumalin merupakan beragam jenis.

Hormon Giberelin Terletak Pada Beberapa Unsur Tanaman Seperti Biji, Hormon Giberelin Yang Ditemukan Pada Biji Dapat Membuat Pertumbuhan Biji Meningkat Dan Menjadi Lebih Cepat.

Berikut adalah penjelasannya mengenai fungsi hormon giberelin : Hormon etilen berada pada buah juga daun yang mengalami penuaan. Fungsi hormon asam absisat (aba) pada tumbuhan.

Peningktaan Auksin Ini Dilihat Baik Proses Sintesis Auksin Pada Tumbuhan

Namun untuk kebutuhan komersial, diperlukan buah durian pada waktu yang bukan musimnya. Panjang pada tanaman yang diberi ga 3. Keempat hormon tersebut merupakan hormon yang biasa digunakan sebagai zat pengatur tumbuh di dalam dunia pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.